Mengenal apa itu Geevv, Search Engine Buatan Negeri yang Siap Kalahkan Google


Mengenal apa itu Geevv, Search Engine Buatan Negeri yang Siap Kalahkan Google - Seorang mahasiswi muda berbakat Universitas Indonesia (UI) yang mempunyai misi sosial tinggi bernama Azka Slimi, dia bermimpi akan men sejahterakan kaum marjinal yang sering ia temui dengan Mesin Pencari yang ia buat. Mimpi tersebut ia bawa ke berbagai kegiatan isu sosial dan lingkungan.

Azka Slimi yang baru berumur 21 tahun beberapa kali mengikuti seminar startup, ia melihat potensi yang besar melalui teknologi mesin pencari.

Ia berharap dari potensinya yang begitu besar tersebut dapat dijadikan masalah isu sosial dapat diselesaikan dengan baik.

"Browsing merupakan kegiatan sehari - hari yang hampir semua orang menggunakannya, sebagian orang menganggap kalau itu sudah bagian dari gaya hidup." Cakap Azka.

Dan pada akhirnya Azka menggandeng salah satu rekannya untuk membuat Mesin Pencari Sosial. Sistem mesin pencari tersebut adalah ketika kita mencari salah satu katak kunci, otomatis kita memberikan donasi sebesar Rp.10,-

Donasi yang telah terkumpul nantinya akan digunakan untuk Pendidikan, Kesehatan, dan masalah sosial lainnya.


Mengenal Mesin Pencari Geevv


Azka menjelaskan bahwa mesin pencari yang ia buat tidak seperti mesin pencari Google. Secara teknis memang terlihat sama, tetapi perbedaan terletak pada tujuan dibuatnya sosial search engine tersebut.

Istilah sosial yang ia bumbukan bukan tanpa maksud, istilah sosial ia imbuhkan karena cerminan tujuan utama mesin pencari yang ingin ia capai. Singkat kata, 80% keuntungan yang masuk akan digunakan untuk mengatasi masalah sosial di Indonesia.

"Jumlah perhitungan donasi adalah jumlah pendapatan iklan yang muncul dibagi banyaknya hasil perncarian" Keterangan Azka. Dilihat dari situs Geevv donasi yang masuk pada bulan Januari ini sudah terkumpul Rp.134.190.685,- yang pastinya sudah beberapa kali digunakan untuk keperluan sosial.

Azka dan timnya sekarang ini masih disibukkan dengan mengupayakan trafik bertambah dan mengembangkan sistem nya.

Untuk hal pendanaan, Geevv memperoleh sokongan dari perusahaan Family Office Investement asal Indonesia yakni RnB Fund. Sayangnya, Azka tidak mau menuturkan angka investasi yang digulirkan.

Harapan dari Geevv


Dalam dua tahun kedepan Geevv akan berupaya keras untuk mendapatkan dua persen dari market share Indonesia. Gevv berupaya keras karena mengingat saingannya begitu berat yaitu sang raksasa Google. Azka berharap agar dua tahun ini bisa lebih dari harapannya.

"Dua persen tersebut bukan angka yang kecil mengingat Google lah yang akan jadi saingannya. Untuk lima tahun kedepan harapannya dapat bertambah menjadi lima persen." Penjelasan Azka.

Azka mengakui memang sangat susah untuk mengalahkan Google mengingat mesin pencari lokal satu persatu tumbang dikarenakan Algoritma Google yang begitu canggih.

Sejumlah situs lokal seperti nowgoogle.com dan findtoyou.com merupakan salah satu korban dari keganasan sang raksasa Google. Walaupun melihat dari pendahulunya, Geevv tetap optimis mejadi mesin pencari nomor satu di Indonesia.

0 komentar