Cara Kalibrasi HP Android Tanpa Root ala Opreker Baterai


Cara Kalibrasi HP Android Tanpa Root ala Opreker Baterai - Berbicara mengenai permasalahan pada baterai handphone pasti ada saja dan cukup beragam. Misalnya Indikator baterai yang error, baterai yang cepat habis, pengisian baterai dalam waktu cukup lama, hingga baterai yang tidak mau di charge. Masalah tersebut seringkali muncul dan kita sebagai pengguna selayaknya tahu bagaimana cara Kalibrasi baterai sebuah HP.

Apabila kita menyadari kalau performa baterai ponsel kita menurun, itu saatnya untuk memakai tutorial yang saya berikan. Kalibrasi baterai HP memang harus dilakukan dengan hati - hati dan tidak boleh sembarangan agar tidak terjadi hal yang tidak diingkan. Saya memperoleh tutorial ini dari opreker baterai yang lumayan terkenal, jadi tidak salah kalau tutorialnya saya share disini. sebelum saya share caranya, apakah kalian sudah tau apa itu kalibrasi baterai ?
Kalibrasi merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk menunjukan nilai ukur dari suatu alat dengan melakukan pengaturan ulang atau cara gampang nya riset.

Cara Kalibrasi HP Android Tanpa Root



  1. Gunakan baterai sampai HP shut down dengan sendirinya.
  2. Cabut dan pasang baterai lalu nyalakan kembali HP tanpa di charger, pakai HP sampai mati dan ulangi cabut pasang baterai sampai HP tidak bisa menyala ketika dinyalakan, baru kemudian charge hp dalam keadaan mati sampai indicator dilayar menunjukan 100%
  3. Dalam keadaan HP mati cabut charger kemudian cabut baterai, tunggu 10 detik kemudian pasang baterai dan charge kembali sampai 100%, ulangi cabut pasang baterai hingga baterai tetap menunjukkan 100% ketika di charger keadaan HP mati, baru cabut charger dan nyalakan sampai Standby
  4. Charger kembali dalam keadaan menyala sampai indikator menunjukkan 100%, kemudian cabut charger dan restart HP.
  5. Ketika HP sudah menyala kembali charger kembali sampai indikator menunjukan 100%, ulangi restart HP sampai indikator benar - benar mendekati 100% ketika menyala.
  6. Ketika indikator baterai sudah benar - benar 100%, tambahkan waktu charger 30 menit. Setelah itu gunakan HP seperti biasa.


Hal Yang Harus Diperhatikan !



  1. Mencharger HP boleh dalam keadaan hidup/mati, tapi jika dalam keadaan menyala, HP jangan sambil digunakan agar pengisian optimal.
  2. Ketika baterai mulai digunakan, baterai akan mengalami penurunan yang cepat dari 100% ke 60%, tapi ketika posisi 60% kebawah akan terasa awet, itu tidak masalah karena karakter baterai yang berbeda - beda, yang terpenting adalah durasi pemakaiannya melebihi performa sebelum dikalibrasi.


Akhir Kata


Demikian tutorial Cara Kalibrasi HP Android Tanpa Root ala Opreker Baterai dari saya.

Semoga Bermanfaat !

0 komentar